57 views · 89 days ago

sebelum belajar saham lebih dalam lagi, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis jenis saham yang beredar saat ini :
- Saham Preferen (preferred stock)
Selain saham biasa kita juga bisa belajar saham preferen. Sesuai namanya, saham preferen ini mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran dividen dibanding saham biasa. Saham preferen ialah saham yang pemiliknya akan mempunyai hak lebih dibanding hak pemilik saham biasa. Pemilik saham preferen akan mendapat dividen lebih dulu dan juga mempunyai hak suara lebih dibanding pemegang saham biasa seperti halnya hak suara dalam pemilihan direksi sehingga jajaran manajemen akan berusahan sekuat tenaga guna membayar ketepatan pembayaran dividen preferen agar tidak lengser
- Counter Cyclical Stocks, ialah Saham yang tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi ekonomi makro ataupun situasi bisnis secara umum. Pada saat adanya resesi ekonomi, harga saham ini tetap tinggi, dimana emitennya mampu memberikan dividen yang tinggi yang merupakan akibat dari kemampuan emiten dalam memperoleh penghasilan yang tinggi pada saat masa resesi.
- Saham atas unjuk
Disebut juga sebagai bearer stock. Saham atas unjuk merupakan jenis saham yang tidak mencantumkan nama pemiliknya, sehingga mudah untuk alihkan atau dipindahtangankan kepada pihak lain. Jenis saham ini mirip dengan uang, mudah dialihkan. Selain itu, sertifikat saham juga dibuat mirip dengan uang yang dibuat dengan kertas khusus berkualitas tinggi agar terhindar dari pemalsuan.