185 views · 155 days ago

Asuransi kendaraan bermotor penting dimiliki. Hal itu dikarenakan saat ini marak dengan tindakan kejahatan sehingga untuk melindungi kendaraan bermotor dibutuhkan asuransi. Lalu apa itu asuransi khusus kendaraan bermotor?, yaitu asuransi yang akan menanggung kerugian atau kerusakan terhadap kendaraan bermotor yang disebabkan oleh berbagai macam hal misalnya saja adalah kecelakaan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, dan juga terpelosok. Selain itu asuransi ini bisa digunakan untuk menjamin kerusakan mobil yang disebabkan oleh perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan juga kerusakan. Secara umum asuransi khusus kendaraan bermotor ini dibagi menjadi dua seperti berikut ini:

Gabungan atau Comprehensive
Jenis asuransi kendaraan bermotor yang pertama adalah gabungan. Gabungan ini disebut juga dengan asuransi all risk. Meski all risk ada beberapa risiko-risiko yang dikecualikan dalam asuransi ini. Kerugian yang bisa diganti atau ditanggung dengan asuransi ini adalah tergores, penyok, kehilangan bagian kendaraan, dan lain sebagainya.

TLO
TLO adalah singkatan dari Total Loss Only. Jaminan pada asuransi jenis ini memiliki ketentuan risiko seperti dengan yang comprehensive. Namun nasabah baru bisa mengajukan klaim jika kerugian yang ditanggungnya lebih dari 75%. Oleh sebab itu kerusakan kecil saja tidak akan bisa mengajukan klaim dengan asuransi ini.

Yang Tidak Dijamin Oleh Asuransi
Selain ada beberapa risiko yang bisa ditanggung oleh asuransi ada beberapa risiko yang tidak bisa dijamin oleh asuransi ini. Berikut ini adalah risiko kerusakan kendaraan yang tidak ditanggung oleh asuransi:

Kelebihan Muatan
Anda tidak akan bisa melakukan klaim jika kerusakan kendaraan bermotor tersebut dikarenakan kesalahan Anda sendiri. Salah satunya adalah kelebihan muatan. Oleh sebab itu jangan sekali-kali mengemudi dengan membawa muatan yang berlebihan.

Tidak Memiliki SIM
Kendaraan bermotor yang rusak dikarenakan dikemudikan oleh orang yang tidak memiliki SIM tidak akan bisa melakukan klaim ke pihak asuransi. Hal itu dikarenakan melanggar peraturan lalu lintas dan juga Undang-Undang yang berlaku.

Kerugian Karena Perbuatan Jahat yang Disengaja
Risiko yang tidak bisa diajukan klaim ke pihak asuransi selanjutnya adalah kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan jahat yang disengaja oleh suami/ istri, keluarga, orang suruhan, dan lain sebagainya.

Dijalankan dengan Kondisi Rusak
Asuransi tidak akan menerima klaim jika hasil survey yang dilakukan menunjukkan fakta kendaraan dijalankan dalam kondisi yang rusak.

Demikianlah beberapa jenis asuransi kendaraan bermotor dan beberapa risiko yang tidak bisa dijamin asuransi, semoga informasi ini bermanfaat.